Selasa, 19 November 2013

Penyebab Jerawat

Penyebab jerawat semakin hari semakin banyak sekali faktornya, dan ini menjadikan suatu hal yang penting untuk diketahui oleh anda, apabila anda tidak ingin memiliki kulit wajah yang penuh jerawat. Jerawat memang bisa diobati, tetapi lebih baik mencegah daripada mengobati karena tidak sedikit orang yang dapat sembuh total dari masalah jerawat.


Apabila anda ingin mencegah timbulnya jerawat, berarti anda harus mengetahui beberapa hal yang menjadi faktor penyebab timbulnya jerawat. Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab timbulnya jerawat:
   
1. Menyentuh kulit.
“Jerawat bisa muncul di mana saja di bagian kulit yang sering Anda sentuh,” kata Shamban. Misalnya di bagian dagu akibat Anda terbiasa bertopang dagu sambil mencari ide segar di kantor, atau di bagian pelipis dan dagu karena Anda selalu menempelkan gagang telepon, atau pada pipi dan hidung karena Anda selalu menyentuh wajah Anda dengan tangan tanpa sadar.

2. Keringat
Menurut sebuah survei, rata-rata seseorang menyentuh wajahnya 10-15 kali dalam sejam. Kebiasaan ini akan semakin sering dilakukan ketika hari semakin panas dengan keringat yang banyak. Hindari menyeka keringat pada kulit wajah anda dengan tangan telanjang, apalagi tangan yang kotor. Gunakanlah tisu atau handuk basah yang bersih!

3. Memakain kacamata
“Memakai kacamata membuat minyak, kulit mati, juga debu lebih mudah berkumpul dan menutup pori di bagian kulit sekitar frame kacamata,” kata Shamban. Dengan demikian Anda harus menjaga kebersihan kulit yang tertutup oleh frame kacamata, dan selalu membersihkan kacamata dan frame nya dengan kain khusus pembersih kacamata.

4. Rambut
Model rambut yang trend menjadikan Anda tampil gaya dan penuh percaya diri. Tetapi itu akan menjadi suatu masalah baru untuk Anda yang memiliki wajah dengan kulit berminyak. Sentuhan rambut pada kulit yang berminyak dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat.

5. Salah memilih produk kecantikan
Tampil cantik dengan produk kecantikan sangat menjanjikan. Banyak produk kecantikan yang dapat dibeli dengan berbagai merk dan jenis. Penggunaan produk kecantikan yang tidak cocok dengan jenis kulit wajah Anda dapat menjadi suatu masalah, bahkan membuat kulit wajah memerah, rusak, timbul komedo dan jerawat. Pastikan memilih produk kecantikan yang aman dan cocok dengan tipe kulit wajah Anda. Biasakan cuci kulit wajah Anda sebelum tidur untuk menghilangkan sisa kosmetik yang menutupi lubang pori-pori di wajah.

6. Stres
Stres akan memicu peningkatan kadar androgen, hormon yang memicu komedo. Selain itu stres juga akan menyebabkan pelepasan kortison dan hormon adrenalin yang akan memicu kelenjar minyak lebih aktif.

0 komentar:

Posting Komentar